Fakta Tentang Sakit Pinggang Dan Cara Mengatasinya

sakit pinggang

Fakta Tentang Sakit Pinggang Dan Cara Mengatasinya – Hampir semua orang pernah mengalami sakit pinggang. Masalah ini biasanya kerap dialami oleh mereka para pekerja berat atau ibu hamil. Namun tidak menutup kemungkinan orang kantoran pun akan mengalaminya, malah mungkin resikonya lebih besar karena pekerjaan mereka yang duduk dari pagi sampai malam.

Selain itu sakit pinggang seringkali menjangkiti mereka yang sudah berusia lanjut lantaran kondisi otot dan tulangnya yang sudah mulai rapuh.

Banyak sekali fakta terkait sakit pinggang. Selain sering menimpa pekerja berat, bagi yang tidak banyak melakukan aktivitas juga bisa terserang sakit pinggang.

Hal ini bisa disebabkan karena cedera yang mendera otot pinggang karena berada pada posisi yang sama dalam waktu lama. Sakit pinggang sebenarnya bukan masalah yang besar namun bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Ia juga bisa menjadi sinyal penyakit berbahaya seperti ginjal. Penting sekali mengenali berbagai fakta terkait sakit pinggang serta cara mengatasinya. Berikut berbagai fakta tentang sakit pinggang serta cara yang tepat untuk mengatasinya.

Berbagai Fakta Tentang Sakit Pinggang

1. Cedera otot

gejala sakit pinggang

Sakit pinggang bisa disebabkan karena cedera otot. Cedera otot biasanya terjadi setelah melakukan aktivitas berat misalnya setelah mengangkat beban, olahraga berat hingga peregangan.

Pada umumnya cedera otot ini bisa menjangkiti berbagai organ tubuh seperti betis, lutut, kaki. Namun seringkali dialami pada area pinggang yang membuat penderita mengalami sakit pinggang.

2. Disebabkan karena terlalu lama duduk

Selain karena cedera otot, sakit pinggang juga bisa terjadi karena terlalu lama duduk. Walaupun tidak melakukan banyak aktivitas namun terlalu lama duduk dalam posisi yang sama akan menyebabkan cedera otot.

3. Kerap dialami kalangan usia lanjut

Walaupun sakit pinggang bisa mengjangkiti berbagai kalangan namun kerapkali rasa sakit ini dirasakan oleh mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Pada usia lanjut kondisi tulang menjadi lebih rapuh dan nyeri. sakit pinggang akan sangat terasa ketika berada pada posisi membungkuk, jongkok atau ketika memutarkan badan.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

1. Menggunakan akar ilalang

akar ilalang untuk sakit pinggang

Akar ilalang memiliki anti nyeri alami dan mampu meredakan otot yang kaku. Cuci bersih akar ilalang kemudian rebus dengan 1 liter air. kemudian diamkan akar rebusan hingga dingin dan minum secara teratur. Ramuan akar ilalang ini sangat efektif mengatasi nyeri pinggang secara alami.

2. Menggunakan daun bakung

daun bakung untuk sakit pinggang

Daun bakung juga cocok sebagai alternatif lainnya untuk mengatasi nyeri pinggang. Daun bakung dilayukan terlebih dulu dengan api. Setelah itu oleskan daun tersebut dengan minyak kelapa dan aplikasikan ke bagian pinggang yang sakit. Cara ini sangat efektif untuk meredakan rasa sakit pinggang yang mendadak.

3. Kompres

Anda bisa mencoba kompres panas atau dingin untuk mengobati nyeri pinggang. Bagi yang ingin mendapatkan hasil maksimal bisa menggunakan kompres air panas karena akan meredaka otot yang kaku. Lapisi botol yang telah diisi air hangat kemudian balut dengan kain. Setelah itu taruh botol di area pingggang yang terasa sakit.

4. Cukupi kebutuhan air putih

Perbanyak konsumsi air putih merupakan langkah terbaik mengatasi nyeri pinggang. Air putih adalah solusi terbaik untuk terapi ginjal serta meredakan peradangan pada otot. Konsumsi air putih secara cukup selain meredakan sakit pinggang juga bermanfaat menjaga kesehatan ginjal anda.

Itulah berbagai fakta serta pengobatan sakit pinggang yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: