Pertanyaan saat Wawancara Kerja Fresh Graduate Beserta Jawabannya

PERTANYAAN SAAT WAWANCARA KERJA – Menjadi seorang fresh graduate atau lulusan baru juga punya tantangan tersendiri saat melewati proses interview. Pertanyaan saat wawancara kerja itu juga cukup bervariasi. Goal-nya apakah Anda punya pantas untuk perusahaan bidikan atau tidak.

pertanyaan saat wawancara kerja
pixabay.com

Proses interview kerja bisa dibilang dipenuhi dengan penilaian berbasis psikologi calon karyawan. Maka tak heran banyak yang gagal di area ini gara-gara tidak bisa memprediksi arah pertanyaaan. Soalnya tes ini berbeda dengan tes tertulis ataupun tes berupa praktik.

Satu hal yang perlu disadari, bahwa pewawancara dulunya juga pernah berdiri di level pemula seperti Anda sekarang. Sebelum proses dimulai banyak-banyaklah tersenyum dan meyakinkan diri sendiri. Gagal melewati proses ini bukanlah akhir bagi Anda.

Jika kamu melamar pekerjaan di perusahaan sewa mobil, maka akan lebih meyakinkan apabila kamu memiliki pengalaman kerja selama beberapa tahun di bidang tersebut.

[toc]

Pertanyaan saat Wawancara Kerja Seputar Umum

pertanyaan saat wawancara kerja
pixabay.com
  • Sekarang Anda tinggal di mana?

Pertanyaan ini dijawab rileks saja. Misalnya, “Saya tinggal di Jl. Ketoprak No. 45, Kecamatan Danau Ijo.” Begitu saja. Jangan sampai ditambah-tambahi dengan informasi yang tidak penting. Pewawancara tidak memiliki waktu banyak.

  • Datang ke sini diantar atau sendiri?

Jawab saja sejujurnya. Alangkah baiknya Anda datang sendiri untuk membuktikan kemandirian Anda. Maka jawabnnya, “Saya datang sendiri.” Kalau toh Anda diantar, katakan saja sejujurnya dengan alasan yang menurut Anda sudah tepat.

  • Berapa umur Anda sekarang?

Kadangkala pertanyaan ini ditujukan untuk menguji sikap Anda. Padahal jelas-jelas Anda sudah menyerahkan berkas lamaran kerja sekaligus biodat pribadi. Jawab singkat saja, “Umur saya sekarang 17 tahun.” Tunjukkan kedewasaan Anda dengan tetap kalem.

  • Wah, cukup muda, ya? Jarang ada pelamar kerja semuda Anda

Pertanyaan saat wawancara kerja ini cukup dijawab dengan senyuman saja. Soalnya bertujuan untuk menjebak apakah Anda akan langsung berbangga diri atau tidak setelah dipuji. Cukup tatap pandangan pewawancara dengan penuh percaya diri.

Pertanyaan Latar Pendidikan dan Kesiapan saat Wawancara Kerja

pertanyaan saat wawancara kerja
pixabay.com
  • Anda lulusan SD, SMA, atau Perguruan Tinggi?

Sampaikan latar belakang pendidikan Anda sejujur-jujurnya. Bahkan ketika kenyataan bahwa Anda tidak memiliki latar belakang sama sekali. “Sebelumnya saya tidak sekolah, Pak.” Bisa juga begini, “Saya lulusan SMA.” Jawab yang singkat.

  • Apa yang membuat Anda yakin diterima padahal hanya berpendidikan SMA? Banyak lho para pelamar atau saingan Anda yang berasal dari lulusan universitas ternama

Pertanyaan tersebut cenderung menjebak. Pewawancara hanya ingin tahu seberapa besar keyakinan dan kepercayaan diri Anda bisa diterima oleh perusahaan. Jawab saja, “Saya yakin dengan kemampuan saya bahwa saya pasti diterima oleh perusahaan.”

  • Wah, Anda terlihat lebih meyakinkan daripada pelamar lain. Apakah Anda sudah mempersiapkan untuk bisa melewati proses wawancara ini?

Di bagian ini, Anda ditekan kembali untuk memberikan jawaban yang tepat. Jawaban Anda menentukan sikap Anda. Jawab saja, “Betul, saya sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari untuk diterima di perusahaan ini.” Jawaban ini akan memberi poin plus.

Pertanyaan saat Wawancara Kerja tentang Nilai Calon Karyawan

  • Saat sekolah atau kuliah dulu, apa saja prestasi yang telah berhasil Anda raih?

Kali ini mulai menyinggung soal nilai diri Anda sepenuhnya. Kalau tidak punya prestasi, jawab saja apa adanya. “Selama sekolah, saya belum memiliki prestasi. Meskipun begitu, saya selalu senang mengikuti kegiatan belajar dan selalu jadi juru bicara tim saya.”

  • Mengapa tidak punya prestasi? Apakah Anda tidak memiliki semangat yang tinggi untuk menggapainya?

Lagi-lagi pertanyaan yang menjebak. Senyumlah saat diberi pertanyaan ini. Dengan senyuman, maka sudah mampu menjawab pertanyaan itu dengan sendirinya. Soalnya kalau buru-buru dijawab, nanti yang tampak adalah emosi Anda.

Bagaimanapun, pewawancara menguji Anda dengan banyak pertanyaan agar perusahaan betul-betul tidak salah pilih. Mayoritas pertanyaan saat wawancara kerja itu menjebak. Jadi persiapkanlah diri Anda 100% berhubung Anda belum punya pengalaman kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: