Mengenal Obyek Wisata Seni Saung Angklung Udjo Di Bandung

Liburan adalah waktu senggang yang banyak di nanti oleh setiap orang, terkhusus bagi mereka yang setiap harinya bergelut dengan beragam aktifitas super padat. Datangnya waktu libur laksana seorang musafir yang menemukan oase atau mata air di tengah gurun pasir. Maka musafir tersebut akan merasa senang atau bahagia. Hal ini sama saja dengan seorang manusia dengan aktifitas padat yang mendapatkan waktu senggang atau liburan. Tentu saja orang tersebut akan merasa senang bahagia. Mereka bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang selama ini tertunda karena padatnya aktifitas harian. Salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan ketika liburan yakni mengunjungi tempat wisata. Dari sekian banyak tempat rekreasi, terdapat sebuah lokasi wisata yang unik dan menarik. nama dari tempat wisata tersebut yaitu saung angklung udjo.

Saung angklung udjo merupakan salah satu tempat wisata di Bandung. Tempat rekreasi ini sudah sangat familiar bagi masyarakat di kota kembang. Lokasi wisata bernama saung angklung udjo ini menyajikan berbagai macam pertunjukan seni tradisonal. Ketika berkunjung ke tempat ini, maka para wisatawan dapat menyaksikan berbagai macam pertunjukan seni tradisional yang sangat unik dan syarat ilmu pengetahuan.

Sejarah Berdirinya Saung Angklung Udjo

Kota Bandung menjadi salah satu tujuan rekreasi bagi para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini dikarenakan ibukota Provinsi Jawa Barat tersebut memilih hawa yang sejuk. Selain sejuk, Kota Bandung ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang sangat menarik. Salah satu tempat wisata yang menarik yaitu saung angklung udjo.

Bagi masyarakat Kabupaten Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata saung angklung udjo. Saung angklung udjo merupakan pusat pelestarian budaya atau kesenian tradisional di Kota Bandung. Lokasi dari wisata seni Saung angklung udjo ini yaitu di Jalan Padasuka Nomer 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Setiap harinya banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Bahkan tidak jarang studi tour dari sekolah – sekolah di dalam dan di luar Kota Bandung datang untuk belajar seni tradisional pada saung angklung udjo.

 

Bangunan seni saung angklung udjo ini didirikan oleh Udjo Ngalagena atau dikenal dengan nama Mang udjo pada tahun 1966. Dalam pendirian tempat seni tradisional ini, Mang Udjo di bantu oleh istrinya Uum Sumiati. Mereka berdua mendirikan saung angklung udjo dengan tujuan untuk melestarikan budaya dan kesenian tradisional asli sunda.

Tokoh pendiri saung angklung udjo bernama Mang Udjo adalah seorang seniman angklung. Lelaki tersebut lahir pada tanggal 5 Maret 1929. Mang Udjo ini telah menekuni seni angklung sajak ia berusia sekitar 4 tahunan. Karena telah sejak dini menekuni seni angklung, maka Udjo Ngalagena mendedikasikan seluruh hidupnya untuk melestarikan seni angklung tersebut.

Selama Mang Udjo menjadi pimpinan dari saung angklung ini, maka banyak orang yang belajar kepadanya. Para penuntut ilmu seni angklung ini tidak hanya berasal dari daerah Bandung saja. Akan tetapi para penuntut ilmu dari luar Bandung pun ikut belajar di saung aklung udjo.

Mang Udjo Ngalagena meninggal dunia pada tanggal 3 Mei 2001. Sepeninggalan Mang Udjo, maka kegiatan saung angklung udjo tetap berjalan. Aktifitas di pusat seni tradisional sunda ini di teruskan oleh para anak – anaknya. Para anak mang Udjo ini saling bahu membahu untuk tetap eksis melestarikan seni tradisional angklung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: