Jenis Makanan Minuman yang Baik untuk Penderita Diabetes

Apakah Anda atau kerabat Anda ada yang menderita diabetes? Selain obat, tentu dokter juga menekankan Anda untuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat, Salah satunya adalah pola makan. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan minuman yang baik untuk penderita diabetes agar tidak memperparah penyakitnya.

Anda tidak perlu khawatir, meski banyak sekali jenis makanan yang dipantang atau dihindari, bukan berarti hanya sedikit variasi makanan yang bisa dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, asupan untuk penderita diabetes juga tidak harus makanan yang hambar.

Asupan yang baik untuk penderita diabetes adalah yang daftar indeks glikemiknya rendah tapi mengandung nutrisi penting. Beberapa nutrisi penting tersebut meliputi vitamin A, C, dan E, serta unsur kalsium, magnesium, potassium, serta serat. Nutrisi ini cenderung membakar lemak dan membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Pada intinya, nutrisi dan kandungan dalam makanan tidak boleh meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan, gula darah yang meningkat tanpa kontrol bisa menyebabkan komplikasi. Bagi Anda yang masih awam tentang jenis-jenis asupan yang boleh dan baik untuk dikonsumsi penderita diabetes, ulasan berikut mungkin bisa membantu.

Brokoli, Selada, Sawi, dan Bayam

medicalnewstoday.com

Intinya, sebagian besar sayuran berwarna hijau seperti brokoli, selada, sawi, dan bayam merupakan makanan minuman yang baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan mengandung vitamin K, mineral, dan flavonoid di dalamnya. Sayuran lainnya yang baik untuk penderita diabetes, mudah didapat sekaligus efektif mencegah kanker adalah tomat.

Dengan rutin mengonsumsi tomat, risiko penggumpalan darah yang sering terjadi pada penderita diabetes bisa berkurang. Secara otomatis, serangan jantung, stroke, gangguan ginjal, dan komplikasi penyakit diabetes lainnya pun berkurang. Tomat juga mengandung likopen dan lutein, pelindung ginjal serta pembuluh darah dari gangguan komplikasi diabetes.

Tahu dan Tempe

Jika Anda memang penggemar tahu dan tempe, maka Anda patut bersyukur. Meski mengidap diabetes, Anda tetap diperbolehkan mengonsumsi kedua jenis makanan lokal yang mendunia ini. Hal ini dikarenakan, bahan pembuatnya adalah sayuran non-tepung, yaitu kedelai.

Kedelai ini kadar lemaknya rendah tapi seratnya tinggi sehingga cocok untuk penderita diabetes. Jenis kacang-kacangan lainnya yang termasuk dalam makanan minuman yang baik untuk penderita diabetes adalah kacang almond dan kenari.

Beras Merah, Oatmeal, dan Gandum

Beras merah dan gandum sudah terkenal dan dijadikan makanan pilihan untuk diet sehat. Begitupula dengan penderita diabetes, bahkan lebih dianjurkan lagi untuk dikonsumsi. Beras merah lebih efektif daripada beras putih dalam hal mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

Serat dalam beras merah juga sangat tinggi dan perbandinganya 8:1 dengan beras putih. Oleh karena itu, rasa ‘begah’ dan mengantuk karena kekenyangan bisa dihindari. Jika mengantuk lalu tidur beberapa saat setelah makan, maka diabetes akan semakin parah karena kadar gula darah akan meningkat drastis.

Oatmeal juga termasuk makanan sumber karbohidrat seperti nasi, tapi mampu mengontrol gula darah karena seratnya yang tinggi seperti beras merah. Selain beras merah dan oatmeal, gandum juga bisa dijadikan alternatif pengganti nasi. Kini sudah banyak beredar roti dan biskuit gandum di pasaran.

Raspberry dan Blueberry

nutritionstripped.com

Kedua buah non-lokal ini merupakan makanan minuman yang baik untuk penderita diabetes, karena selain mengandung zat antioksidan, antosianin dalam kedua buah ini bisa menurunkan risiko DM tipe II sampai lebih dari 20%.

Anda bisa memakannya langsung atau dibuat jus terlebih dahulu. Untuk buah lokal, Anda tetap masih bisa mengonsumsi apel, pir, pepaya, dan buah persik yang kandungan gizinya sangat baik untuk penderita diabetes dan penyakit lainnya yang sedang menjalani masa pemulihan.

Buah-buahan dengan kadar gula tinggi seperti strawberry, melon, mangga, nanas, sawo, alpukat, dan durian memang tidak disarankan untuk penderita diabetes. Tapi sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi raspberry dan blueberry yang sudah banyak dijual di supermarket.

Berbagai Jenis Ikan

Berbagai jenis ikan seperti ikan salmon, sarden, makarel, dan tuna merupakan makanan minuman yang baik untuk penderita diabetes. Tapi, hindari ikan yang cenderung mengandung merkuri tinggi seperti tongkol.

Asam lemak omega-3 dari ikan-ikan tersebut bisa meringankan peradangan sehingga risiko inflamasi yang bisa memperburuk penyakit diabetes menjadi lebih rendah. Selain itu, sebaiknya jangan digoreng atau menggunakan bumbu cepat saji karena justru meningkatkan risiko komplikasi diabetes.

Keju

lamandala.net

Siapa yang tidak mengenal makanan olahan dari susu ini. Ya, keju adalah jenis makanan yang kaya akan lemak serta kalori. Anda mungkin berfikir bahwa keju tidak baik bagi seorang yang mengalami penyakit diabetes. Tapi, jangan berasumsi demikian sebelum membaca sampai habis artikel ini. Tahukan Anda bahwa penderita diabetes ternyata dibolehkan untuk memakan keju.

Banyak penelitian yang mematahkan asumsi keju berbahaya bagi penderita diabetes. Bahkan di tahun 2012, para ilmuwan dari American Journal of Clinical Nutrition yang melakukan penelitian tentang keju mendapati kesimpulan bahwa mereka yang mengonsumsi keju dengan takaran 55 gr atau setara dengan 2 iris/lembar keju setiap harinya dapat lebih meminimalisir risiko diabetes sekitar 12%.

Ketika penderita diabetes mengonsumsi keju, maka zat protein yang terkandung di dalamnya dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Maka secara tidak langsung keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat secara berlebihan dapat diredam.

Seperti yang sudah diutarakan diawal bahwa asupan makanan yang baik untuk penderita diabetes adalah yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Begitu juga dengan produk keju juga salah satu makanan dengan nilai indeks glikemiknya rendah. Maka keju bisa menjadi salah satu camilan sehat bagi Anda para penderita diabetes.

Meski disebutkan bahwa keju boleh dikonsumsi penderita diabetes, bukan berarti Anda bebas mengonsumsi semua jenis keju. Ada beberapa kriteria keju yang dibolehkan dan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Pilih keju rendah lemak

Produk keju identik dengan lemak dan kalori yang tinggi. Bahkan beberapa diantaranya mengandung lemak hingga 40% yang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Maka dari itu pilihlah jenis keju yang memiliki kandungan lemak yang rendah.

Kebanyakan keju yang dijual bebas di pasaran memiliki label nutrisi di tiap kemasannya. Dengan begitu Anda bisa melihat seberapa banyak kandungan lemak di dalam produk keju yang ingin Anda beli dan dapat memilih untuk membeli keju rendah lemak.

Hindari keju tinggi garam

Biasanya keju yang banyak mengalami proses pengolahan tinggi kandungan garam. Ini tentunya kabar buruk bagi penderita diabetes. Karena mereka para penderita diabetes harus bisa mengontrol konsumsi garam agar tidak memicu meningkatnya tekanan darah.

Berikut beberapa keju yang harus Anda hindari karena tingginya kandungan garam disebabkan mengalami banyak proses pengolahan:

  • Keju halloumi
  • String cheese
  • Keju edam
  • Keju feta

Sebaliknya, beberapa keju dibawah ini justru baik untuk dikonsumsi karena rendah kandungan garam:

Yang perlu diingat adalah, meskipun keju dibolehkan untuk dikonsumsi oleh Anda penderita diabetes, namun jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Seperti dijelaskan sebelumnya, cukup dengan takaran porsi 1 sampai 2 iris keju saja per harinya, sehingga Anda mendapatkan banyak manfaat dari nutrisi yang terkandungan dalam keju tersebut tanpa mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Air Putih dan Teh

Air putih adalah minuman terbaik untuk siapapun dan dalam kondisi apapun, sedang haus maupun tidak, dan sedang sakit maupun sehat. Penderita diabetes tidak boleh merasa haus terlalu lama karena kondisi ini bisa mengingkatkan kandungan gula dalam darah. Oleh karena itu, dengan banyak mengonsumsi air putih, maka kadar gula darah dapat dikontrol.

Untuk teh, jelas Anda harus mengonsumsinya tanpa gula. Tidak masalah ingin teh hijau atau teh hitam, keduanya merupakan jenis asupan atau makanan minuman yang baik untuk penderita diabetes. Kandungan antioksidan dalam teh hijau banyak berperan dalam menjaga keseimbangan gula dalam darah. Polisakarida dalam teh hitam juga baik untuk tubuh.

Coklat dan Kopi Hitam

Kopi Tubruk
acehardware.co.id

Coklat hitam lebih dianjurkan daripada coklat susu karena lebih banyak mengandung cocoa dan kaya flavonoid. Kandungan ini efektif meningkatkan kinerja dan sensitivitas insulin, mengurangi resistensi insluin, mengurangi keinginan untuk makan terus menerus, serta mempercepat pengolahan glukosa darah menjadi energi.

Sedangkan untuk kopi, anjurannya sama seperti coklat, pilih yang hitam. Kopi hitam tanpa gula yang rendah kafein bisa dijadikan alternatif ngopi bagi pecinta kopi yang menderita diabetes.

Yoghurt dan Susu Rendah Lemak

www.thekitchn.com

Disfungsinya pankreas membuat proses metabolisme dalam tubuh menjadi terganggu. Selain itu, penderita diabetes juga rentan terkena penyakit dan infeksi kuman. Oleh karena itu, mengonsumsi yoghurt, keju, dan produk olahan susu rendah lemak lainnya bisa sangat membantu. Hal ini dikarenakan, yoghurt memiliki kandungan bakteri baik.

Kuman terdiri dari jamur, virus, dan bakteri jahat yang berukuran mikroskopis (hanya bisa dilihat melalui mikroskop melalui perbesaran tertentu). Untuk mengimbanginya, bakteri jahat bisa dikalahkan bakteri baik dari yoghurt. Sedangkan jamur dan virus, hanya dapat diatasi dengan obat.

Sedangkan untuk susu rendah lemak, di dalamnya terdapat kalsium, vitamin, dan mineral lainnya. Susu jenis ini biasanya agak hambar sehingga untuk menambah rasa manis, maka ditambahkan gula. Sayangnya, hal ini tidak boleh Anda lakukan lagi jika dokter sudah memvonis Anda mengidap penyakit diabetes.

Penderita diabetes memang harus membatasi asupan, tapi bukan berarti harus benar-benar menghentikan kebiasaan ngemil. Camilan yang baik untuk Anda adalah ubi jlar ungi yng direbus serta berbagai jenis kue yang dibuat dengan cara dipanggang. Dengan memilih asupan yang baik, maka peningkatan stadium bisa dihindari bahkan bisa disembuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: