9 Makanan Khas Indonesia Paling Enak dan Memanjakan Lidah

makanan khas Indonesia

Makanan Khas Indonesia – Selain kekayaan alamnya, Indonesia juga terkenal akan kulinernya. Bahkan bisa dibilang Indonesia adalah surganya kuliner, karena berbagai jenis makanan tersedia di sini. Dan kerennya, di setiap daerah memiliki makanan unik yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Jika Anda seorang traveller, pasti tak afdol dong jika berkunjung ke suatu daerah di Indonesia tapi tidak menikmati kulinernya. Ada dua kemungkinan, pertama

1. Mie Aceh

makanan khas Indonesia

Dari namanya Anda pasti langsung tahu kalau mie ini berasal dari Aceh. Merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang bahan utamanya dari mie kuning tebal yang dipadukan dengan irisan daging sapi/kambing, terkadang menggunakan makanan laut (cumi dan udang).

2. Bika Ambon

Bika Ambon

Makanan khas Indonesia ini terbuat dari bahan telur, gula dan santan beraroma pandan wangi. Bika Ambon berasal dari Medan, Sumatra Utara dan menjadi makanan favorit warga sekitar maupun pelancong.

3. Gulai Ikan Patin Jambi

Gulai Ikan Patin Jambi

Masyarakat Jambi memiliki masakan yang menjadi salah satu makanan Khas Indonesia, yaitu gulai ikan patin Jambi. Makanan ini dimasak menggunakan tempoyak (daging buah durian yang sudah difermentasi).

4. Pendap Bengkulu

Bagi para pelancong, Pendap Bengkulu bisa menjadi oleh-oleh jika sedang berkunjung ke Kota Bengkulu. Makanan ini  bisa anda bawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga.

Makanan Khas Indonesia ini terbuat dari berbagai bumbu, seperti kencur, bawang putih dan cabai giling yang dicampur dengan parutan kelapa muda.

5. Gulai Belacan Riau

Jika anda berkunjung ke Riau, jangan pulang sebelum mencicipi makanan khas ini. Belacan adalah masakan dari bahan dasar kuah dicampur trasi. Dan ada juga gulai Belacan dari bahan lain seperti daging maupun udang dan ikan.

6. Empek-empek Palembang

Siapa yang tak kenal dengan makanan khas Indonesia ini. Hampir di setiap daerah selalu ada yang mejualnya. Makanan ini aslinya berasal dar Palembang, Sumatra Selatan.

Empek-empek atau pempek terbuat dari adonan ikan dan sagu. Makanan ini sangat nikmat jika disantap dalam suasana yang dingin seperti saat hujan.

7. Mie Bangka

Memang banyak sekali masakan yang berbahan dasar mie, karena mie mudah sekali diolah dan membuatnya juga tidak terlalu ribet. Setelah tadi ada mie Aceh, kini ada lagi Mie Bangka yang berasal dari Bangka.

Mie Bangka menggunakan jenis mie basah kuning yang disiram dengan kuah yang sudah diberi campuran rempah dan bumbu. Campuran ini antara lain, ikan , udang, cumi dan kepiting.

Dalam penyajiannya, makanan khas asli Indonesia ini bisa ditambah dengan toge dan kerupuk. Untuk menikmatinya, disarankan dalam masih keadaan panas.

8. Nasi Goreng

Untuk makanan ini, kita sangat mudah menemukannya, karena hampir disetiap jalan, hampir pasti ada yang menjualnya. Sebenarnya tidak hanya di Indonesia saja, nasi goreng itu ada. Di negara lain juga terdapat nasi goreng.

Namun, nasi goreng yang ada di Indonesia memiliki ciri khas akan cita rasanya. Jenisnya pun ada banyak, seperti nasi goreng Jawa, Nasi Goreng Kambing, Nasi Goreng Petai dan lain-lain.

Perlu diketahui, resep nasi goreng awalnya ditemukan oleh masyarakat Tionghoa dan sudah ada sejak 4000 SM. Awal idenya adalah dari kebiasaan orang-orang China yang tidak menyukai makanan dingin.

Oleh karenanya, mereka mencoba memasak kembali nasi yang sudah dingin dengan dicampuri berbagai bumbu masak.

9. Kerak Telor Jakarta

Makanan ini biasanya dijumpai saat ada acara-acara festival dan kesenian di Jakarta. Seperti acara Kirab Kebangsaan, Pekan raya Jakarta, dan lain-lain.

Jaman sekarang, penjual kerak telor sudah jarang ditemui. Mungkin karena sedikitnya minat pemuda khususnya pemuda Jakarta yang mau melestarikan makanan khas ini.

Demikianlah berbagai makanan khas Indonesia yang bisa anda coba. Semoga dengan mengetahuinya, kita semakin cinta Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: