Hak Anak Dalam Islam

hak anak dalam islam

Hak Anak dalam Islam – Dalam ajaran Islam telah diatur sedemikian rupa perihal hak dan kewajiban seorang muslim. Islam pula sangat memperhatikan dan terfokus perihal hak manusia, termasuk di dalamnya hak anak. Sayangnya, kita sebagai orang tua, kerap kali terlalu sibuk memikirkan bagaimana agar anak berbakti kepada orang tua hingga terkadang kita luput bahwa anak juga memiliki hak atas orang tuanya. Hak anak dalam Islam wajib ditunaikan oleh orang tuanya sebagai bentuk tanggung jawab terhadap titipan Allah.

Sejak ditiupkannya ruh seorang anak pada raganya, anak resmi memiliki hak yang menjadi kewajiban kedua orang tuanya untuk menunaikannya. Hal ini juga termaktub dalam HR. Muslin no. 1159 yang berbunyi “…dan sesungguhnya anakmu memiliki hak atasmu”. Lantas, apa saja hak anak dalam Islam yang wajib ditunaikan orang tua? Berikut ini penjelasannya.

Diberi nama yang baik

hak anak kepada orang tua
squlio.com

Segala apa yang ada di dunia ini memiliki nama agar semua hal bisa dikenali dengan baik. Terlebih lagi manusia. Maka, seorang manusia haruslah memiliki nama yang karenanya ia akan dikenal di dunia dan tempat tertinggi di surga. Selain itu, sebuah kalimat klasik “nama adalah doa” memang benar adanya.

Nama adalah cerminan apa yang orang tua harapkan pada sang buah hati, karenanya berikanlah nama anak laki laki terbaik untuk buah hati kita. Dari Anas bin Malik, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda; mala mini aku akan mendapatkan kelahiran anak, maka aku beri dia dengan nama bapakku, Ibrahim.” (HR. Muslim no. 2315).

Diasuh dengan baik

Orang tua wajib mengasuh anaknya dengan sebaik-baiknya cara. Sudah menjadi hak anak untuk diasuh dengan penuh kasih sayang. Afeksi merupakan kebutuhan penting yang harus selalu diterapkan dalam keluarga. Asuhlah anak sesuai dengan ajaran agama Islam dan tauhid. Sebab, tauhid adalah landasan utama berkehidupan.

Mendapatkan pendidikan

hak anak dalam islam
iyakan.com

Jika dalam UUD tertulis “pendidikan adalah hak segala bangsa”, maka Islam pun telah mengajarkannya sejak lama melalui Al-Quran dan Hadits perihal pendidikan bagi anak. Mendapatkan pendidikan merupakan salah satu hak anak dalam Islam yang wajib dipenuhi orang tua.

Sejak dini orang tua perlu menanamkan pendidikan terhadap anak, mulai dari pendidikan agama yang mengajarkan keutamaat syariat Islam hingga dalam urusan dunia, seperti pendidikan moral. Setiap orang tua wajib memperhatikan dan selalu memberikan arahan yang baik sesuai ajaran agama Islam kepada anak-anaknya.

Diajarkan cara beribadah yang benar

Seperti yang telah disebutkan, sudah menjadi hak anak, bahwa orang tua harus mendidikan anaknya dengan benar. Mendidik bukan hanya memberikan ajaran-ajaran formal yang urusannya dunia saja. Orang tua juga wajib mengajarkan cara-cara beribadah pada anaknya sesuai dengan ajaran agama Islam.

Hal kecilnya saja bisa dimulai dari mengajarkannya berpuasa saat bulan Ramadhan hingga yang sunah, diajarkan shalat wajib lima waktu hingga yang sunah, diajarkan bersedekah, dan ibadah lainnya. Jangan luput dari orang tua pula mengajarkan adab dan akhlak yang benar dalam Islam.

Diberi nafkah

Perkara yang satu ini adalah kewajiban bagi Ayah kepada anak dan isterinya. Seorang Ayah tidak boleh lalai dalam urusan ini, terlebih lagi jika ia menyia-nyiakannya. Untuk urusan yang satu ini, seorang Ayah wajib memaksimalkan usahanya. Lantas, sampai kapan Ayah wajib menafkahi anak-anaknya?

Para ulama sepakat, bahwa seorang Ayah wajib menafkahi anaknya yang tidak mampu hingga ia berkecukupan dan mampu menafkahi dirinya sendiri, meski telah beranjak dewasa. Namun, sebaiknya, menjelang dewasa, anak bisa menafkan dirinya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: