Fakta Anak Kedua, Mitos atau Fakta, Cuma Kamu yang Tahu Jawabannya

Anak kembar

Jika bisa pilih urutan lahir di keluargamu, kamu pengen lahir di urutan berapa? Mungkin kamu akan memilih dilahirkan sebagai anak pertama. Alasannya biar bisa melindungi keluarga dan punya jiwa pemimpinan. Atau, bisa juga lahir sebagai anak terakhir, punya sufat yang manja.

Tapi, kalau kamu lahir jadi anak kedua gimana? Anak kedua tentu saja juga punya sifat uniknya sendiri. Lahir di urutan kedua biasanya akan dituntut buat bersikap lebih dewasa. Para anak yang lahir di nomor urut dua harus bisa menghormati kakak dan selalu menyayangi adiknya.

Oleh karena itu, anak kedua biasanya punya sifat lapang dada, hal itu tentu saja dikarenakan kehidupan di keluarganya yang membentuk para anak kedua.

Anak kedua kadang juga terlupakan, dan lebih sering mengalah. Selain harus patuh pada mas atau mbaknya, dia juga mengalah sama adiknya. Keadaan tersebut tentu saja akan berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian dan sifat bawaannya.

Ada sedikit fakta menarik dari anak yang lahir di urutan kedua. Fakta ini dikemukakan oleh Alfred Adler, seorang dokter medis sekaligus psikolog. Beliau berpendapat, ternyata urutan kelahiran ikut berperan dalam membentuk kepribadian seseorang.

Daripada penasaran, berikut beberapa fakta dari kepribagian anak kedua.

Merasa Terasingkan

Anak sedang belajar
pocketfullofgrace.com

Anak kedua sering merasa terasing, terutama di keluarganya sendiri. Kondisi tersebut disebabkan karena kedua orang tuanya selalu memberikan perhatian pada anak pertama. Mereka memberikan perhatian yang lebih pada anak pertama karena seorang anak pertama harus punya sifat yang baik. Anak pertama harus bisa jadi panutan bagi adik-adiknya.

Selain itu, anak terakhir juga akan mendapatkan perhatian yang lebih. Hal ini karena anak bungsu adalah yang paling kecil sehingga perlu dilindungi. Nah, tinggal anak kedua seorang diri yang kurang mendapat perhatian dari keluarga. Oleh karena itu, biasanya anak kedua akan punya sahabat dekat, mereka memperlakukan sahabatnya tersebut melebihi keluarganya sendiri.

Anak Kedua yang Paling Beda

Biasanya seorang anak akan berusaha untuk mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Nah, dengan keadaan anak kedua yang kurang perhatian, akhirnya membuat mereka berfikir. Mereka akan melakukan sesuatu yang berbeda dari saudara-saudaranya agar perhatian orang tuanya tertuju kepadanya.

Contohnya, ketika kedua saudaranya memiliki sifat yang baik maka mereka akan berusaha mengikutinya. Mereka akan berusaha menjadi pribadi yang sangat baik, mulai dari perilaku, sikap, dan gaya hidup. Mereka akan mencari sesuatu yang membuatnya berbeda dari kedua saudaranya.

Anak Kedua Lebih Kreatif dan Bebas

Anak kecil berhijab
reemfaruqi.com

Karena lebih sering sendiri dan selalu semangat, anak kedua sering berimajinasi serta mengembangkan bakat. Anak kedua akan cenderung lebih cocok bekerja yang hubungannya dengan seni. Dan, mereka nggak bisa bekerja di bawah tekanan.

Anak kedua sangat suka kebebasan dan fleksibilitas dalam pekerjaan. Merek harus bisa mengekspresikan diri dan tidak ada kekangan dari segi waktu maupun peraturan. Maka dari itu anak kedua lebih memilih pekerjaan yang sifatnya freelance. Atau mungkin pekerjaan yang menempatkan mereka pada hal yang disukai.

Anak Kedua Sangat Bersahabat

Anak kecil bisik-bisik
pinterest.com

Anak kedua lebih suka menambah sahabat dan bersosialisasi dengan orang lain. Mereka akan berusaha membuat orang lain senang, sehingga persahabatannya akan semakin kuat.

Sifat tersebut tentu punya sisi negatif, anak kedua tak berani mengambil keputusan dalam banyak hal. Pengambilan keputusan yang berkaitan dengan dirinya sendiri karena takut akan dapat merugikan orang lain. Maka dari itu, kalau kamu punya sahabat sejati, cari yang anak kedua. Mereka bisa jadi akan menjadi sahabat terbaik yang pernah kamu punya.

Nah, gimana? Apakah benar semua yang dipaparkan di atas? Sepertinya akan ada yang sependapat, tapi juga ada yang nggak setuju. Yah, semua tergantung keluarga dari si anak kedua juga sih ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: