Cara Merawat dan Menjaga Kebersihan Toilet agar Tetap Bersih dan Tak Bau

Banyak kita dapati di berbagai toilet umum yang terlihat masih kotor dan kurang nyaman, hal tersebut dikarenakan kurangnya perawatan dan pembersihan. Tak sedikit pula di hotel-hotel rumah sakit dan supermarket memiliki toilet yang bersih dikarenakan setiap harinya ada pegawai yang selalu setia untuk menjaga dan merawat kebersihan di sekitar bangunan tersebut termasuk toilet.

Yak, kembali ke toilet kita sendiri saja. Masih kotor dan terkadang kurang nyaman berada di toilet karena keadaan toilet yang kurang bersih dan agak bau. Karena kebersihan toilet termasuk maskot dari kebersihan seluruh ruangan rumah, bila toilet kotor tentu apa jadinya ruangan lain. Tak perlu membayar home cleaner untuk merawat toilet rumah sendiri karena toh itu yang memakai kita bukan orang lain. Cara merawat dan menjaga kebersihan toilet kamar mandi cukuplah mudah hanya perlu beberapa tips agar lebih simpel.

Tanamkan jiwa hidup bersih dan sehat

Menanamkan jiwa hidup bersih, jika sudah tertanam jiwa bersih ketika melihat keadaan sedikit kotor di sekitar kita maka tangan otomatis akan bergerak untuk membersihkan dan bila orang lain membuang sampah sembarangan maka secara reflek mulutpun akan menegur. Mudah dan membuat hidup lebih sehat dan bermanfaat bagi orang lain di sekeliling kita.

Selalu menyiram toilet sebelum dan sesudah buang air

Kembali ke bagaimana cara merawat toilet, mulai dengan hal sederhana dengan menyiram sebelum dan sesudah buang air. Karena yang sebelumnya lantai kering dengan air akan menjadi basah sehingga bau pesing atau apalah tidak menempel di lantai atau kloset. Selain menghilangkan bau hal tersebut juga termasuk menghindari dari adanya hewan seperti serangga yang ada di lantai toilet.

Tidak membuang sampah pada kloset

Untuk kalian para wanita jangan lupa buang pembalut kalian di tempat sampah jangan di dalam toilet karena dapat menyebabkan kloset bau dan mampet. Untuk para pria juga jangan lupa untuk selalu buang tisu toilet setelah memakianya di tempat sampah jangan di tinggal di toilet kamar mandi.

Memberi pengharum ruangan di sudut toilet

Dengan menaruhkan pengharum ruangan di sudut-sudut toilet akan merubah aroma menjadi lebih segar. Banyak sudah kita temui di toko pengharum kamar mandi dengan digantungkan tinggal kita menaruhkan paku di dinding selesai. Apabila ingin menambahkan kapur barus juga bisa dengan meletakannya di gantungan alat mandi kita, dan menaruhkan di pojok bawah dekat dengan kloset agar bau di sekitar kloset berkurang.

Membersihkan secara rutin

Tak cukup sekali dalam setahun dalam membersihkan toilet kamar mandi. Karena hampir setiap orang bolak balik ke kamar mandi lebih dari 4 kali dalam sehari, apalagi satu keluarga 5 orang berarti toilet terpakai lebih dari 20 kali. Maka tak heran bila kotor dan bau, oleh karena itu perlu rutinitas khusu dalammembersihkannnya. Dengan cara membuat jadwal waktu khusus untuk membersihkan toilet, mungkin sepekan sekali atau dua pekan sekali secara mendetail dan dilakukan bersama-sama agar semua anggota keluarga memiliki sikap peduli terhadap kebersihan.

Segera perbaiki kerusakan di toilet

Langkah terakhir yang sering kita menyepelekannya dengan menunda ‘ah besokaja lah toh masih bisa di pakai’. Kerusakan pada alat barang yang ada di toilet seperti kloset, wastafel, dan bak mandi. Bila kita menunda-nunda untuk memperbaiki maka kerusakan bisa jadi lebih parah, seperti tersumbat mampet nya wastafel. Bila tidak segera diperbaiki akan menimbulkan bau yang kurang sedap karena banyak sisa-sisa pembuangan yang tak mengalir ke pipa pembuangan secara lancar. Maka mulai sekarang rawatlah sebelum anda memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: