Cara Membuat Kopi Tubruk yang Enak dan Nikmat

Kopi Tubruk

Kopi tubruk merupakan salah satu cara membuat kopi yang paling gampang buat orang awam. Biasanya, di rumah, kopi yang sering dihidangkan adalah kopi tubruk. Bahkan, di tempat kerja juga demikian. Bukan cuma membuat kopi biasa aja, orang yang jual Kopi Radix juga menubruknya saat membuatnya.

Ngomongin kopi tubruk, di Indonesia, kopi ini sering dikenal dengan si hitam yang manis. Memang benar, karena setelah diturbruk, kopi akan segera diberi gula pasir.

Tapi, kalau kamu nongkrong di kedai kopi, kopi tubruk akan disajikan tanpa menggunakan gula. Jadi, kamu bisa langsung merasakan karakter dari kopi yang khas itu. Selain itu, minum kopi tanpa gula juga akan baik buat kesehatan tubuh kita lho.

Hal yang Harus Diperhatikan

Waktu penyeduhan
mldspot.com

Saat membuat kopi, kita juga harus memerhatikan beberapa faktor.

1. Air

Kalau kita membuat kopi tubruk, 90 persennya adalah air. Maka, penggunaan air ini sangat perlu diperhatikan, kita perlu menggunakan air yang bersih dengan temperatur tepat. Untuk air, biasanya menggunakan suhu 90 derajat celsisus. Kalau nggak punya termometer, setelah air mendidih, diamkan kurang lebih 1,5-3 menit.

2. Kopi yang Akan Diseduh

Nah, setelah air, tentu saja kita harus punya kopi. Utamakan kesegaran dari kopi yang akan kita seduh. Lebih baik kamu menggunakan kopi yang baru saja digiling. Akan lebih baik lagi kalau kamu menggunakan kopi yang baru saja disangrai, pasti rasanya lebih nikmat.

Direkomendasikan untuk tidak menggunakan kopi sangrai yang sudah disimpan lebih dari 2 bulan ya. Maka dari itu, sebaiknya kita punya grinder sendiri, jadi sewaktu mau bikin kopi, tinggal giling deh.

3. Ukuran Serbuk Kopi Giling

Kamu juga harus memerhatikan ukuran serbuk kopi setelah digiling. Untuk kopi tubruk, biasanya biji kopi digiling sampai halus. Jika ukuran serbuk kopi semakin kasar, tentu akan semakin susah air untuk mengekstrak sari-sari nya.

4. Alat Seduh

Alat yang digunakan untuk menyeduh haruslah bersih, walaupun hanya alat sederhana. Misalnya saja panci untuk masak air, teko buat menuang air, sendok pengaduk, dan cangkir sebagai wadah. Semua itu haruslah bersih agar ngopinya makin nikmat.

5. Perbandingan Kopi dan Air

Perbandingan antara dua bahan ini sangatlah penting agar rasa dari kopi bisa lebih kuat. Biasanya, perbandingan antara kopi dan air adalah 1:15. Jadi, jika kamu menggunakan kopi sebanyak 20 gram, maka air yang dipakai sebanyak 300 ml. Perbandingan tersebut dipercaya akan mampu mengeluarkan rasa dan juga karakteristik kopi.

6. Waktu Menyeduh

Agar hasilnya memuaskan, waktu menyeduh kopi juga perlu kita perhatikan lho. Biasanya, untuk membuat kopi tubruk, waktu yang dibutuhkan sekitar 4 menit.

Nah, ada sedikit tambahan, saat awal menyeduh, sebaiknya kita membasahi terlebih dahulu kopi selama 30 detik. Gunanya adalah untuk memanaskan bubuk kopi terlebih dahulu. Selain itu, langkah yang dilakukan tersebut adalah untuk mengeluarkan gas yang terdapat dalam sele-sela kopi.

Ringkasan

Menyeduh kopi
viva.co.id

Jadi, singkatnya, cara membuat kopi tubruk itu terdapat lima langkah yang harus diperhatikan.

  1. Masak terlebih dahulu air sampai suhunya 89-90 derajat Celsius. Kalau nggak punya termometer, setelah air mendidih, diamkan saja airnya selama 1,5-2 menit.
  2. Siapkan kopi sekitar 13-14 gram dan juga 200 ml air. Nggak punya timbangan? Cukup kira-kira saja. Dua sendok teh bubuk kopi biasanya untuk satu cangkir air.
  3. Tuangkan sedikit air ke dalam kopi. Biarkan selama 30 detik.
  4. Tambahkan semua air yang diperlukan tadi, dan biarkan selama 4 menit.
  5. Kopi tubruk yang nikmat siap disruput 🙂

Sudah bisa kan membuat kopi tubruk yang enak buat suami  atau diri sendiri di rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: