Cara Membersihkan Toilet Rumah dengan Mudah dan Benar

Cara membersihkan toilet kamar mandi – Toilet bau kotor dan kurang nyaman ketika digunakan, itu bukan hal yang wajar. Dan dari toilet yang kotor dapat menjadi jalan munculnya kuman bakteri. Oleh karena itu jagalah kebersihan seluruh ruangan rumah atau tempat di sekitar kita termasuk toilet. Membersihkan toilet maupun kamar mandi sebenarnya bukan lah hal yang sulit. Namun butuh strategi cara agar tetap bersih, wangi dan nyaman.

Langsung saja kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membersihkan toilet agar tetap bersih dan wangi.

Bagian – bagian toilet

Toilet bukan hanya kloset dan lantai saja. Dinding, pintu, atap penutup, wastafel dan kran juga termasuk bagian dari toilet. Maka jangan pernah lupa untuk membersihkan secara menyeluruh, dari bagian atas dahulu kemudian ke bawah yaitu bagian lantai. Mulai dari sarang dan hewan-hewan yang menempel pada dinding atas. Kemudian berpindah mulai membersihkan dinding samping, pintu toilet, bak mandi, kloset dan yang terakhir lantai.

Bersihkan menggunakan pembersih porselin

Bahan kimia yang telah lama dikeluarkan oleh produsen pembersih ini merupakan solusi pertama untuk toilet anda. Selain mampu membersihkan kerak hingga di sudut sempit dan harga terjangkau, cairan porselin juga mudah didapatkan di toko sekitar kita.  

Cara menggunakan porselin : kondisikan bagianyang akan dibersihkan dalam keadaan sedang (tidak terlalu basah ataupun kering), lalu tuangkan porselin pada sudut yang akan dibersihakan kemudian tunggu beberapa menit saja kira-kira 2-4 menit. Lalu ambil sikat pembersih yang ujung serabut sikat telah dilumuri sabun cuci bubuk deterjen (seperti kif*, sisolikin dan diyia) kemudian gosokan pada bagianyang telah dituangkan porselan beberapa menit yang lalu. Jangkau sudut sempit dengan sikat gigi anda yang telah tak terpakai agar bersih maksimal. Langkah terakhir bilas dengan air, selesai.

Membersihkan toilet dengan acid citric (sitrun)

Selain menggunakan porselin kita juga dapat menggunakan Acid citric yang mengandung asam cuka cuka beku yang diserbukan. Sitrun sendiri biasa digunakan sebagai penambah rasa asam makanan dan pemutih pakaian. Namun apa daya ternyata sitrun juga dapat digunakan sebagai pembersih kerak pada toilet.

Cara menggunaknnya cukuplah mudah : campurkan 25 gram deterjen dengan 25 gram sitrun lalu tambahkan sedikit air agar busa dapat meuncul, kemudian oleskan busa yang baru mengembang tersebut ke bagian kerak yang membandel. setelah didiamkan selama kurang lebih 1 jam gosok semuanya menggunakan sikat lalu bilas menggunakan air.

Bersihkan menggunakan minuman bersoda

Cara membersihkan toilet dengan Cocacola, Sprite dll. Minuman bersoda identik dengan kandungan asam karbonat dan fosforik. Dari proses karbonasi pembuatan minuman bersoda dapat menghasilkab asam yang bisa dibilang besar. Oleh karena kadar asam yang baik tersebut sehingga kita dapat menjadikannya perontok kotoran yang melekat pada lantai toilet.

Cara pemakaian minuman bersoda untuk pembersihan kerak lantai dan kloset : Tuangkan air soda pada bagian yang ingin dibersihkan secara merata kemudian setelah semua selesai taburkan baking soda (biasa dipakai sebagai pengembang kue) pada bagian kerak membandel lalu diamkan selama 1 jam agar asam bekerja secara maksimal. setelah saju tam sikat pelan-pelan menggunakan sikat gigi yang telah tak terpakai. Lalau siram dengan air, taraaaa bersih.

Lakukan pembersihan secara rutin

Buat jadwal kapan harus membersihkan toilet rumah, agar ketika mandi atau buang air terasa nyaman. Meski hanya seminggu sekali di akhir pekan ataupun dengan cara bergiliran antara kakak, ibu dan ayah agar semua merasakan dan selalu memiliki kesan untuk bersih ketika di toilet. Baca juga tips tips lain di wayahna.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: