Cara Belajar Mobil Manual Bagi Pemula, (Di Jamin Langsung Bisa) !!

Belajar Mengemudi di Jalan Raya

Cara Belajar Mobil – Ada sebagian pengemudi ada yang menganggap bahwa mengemudi itu hal yang mudah dan enteng, yang beranggapan seperti itu biasanya hanya orang–orang yang ingin buru–buru mengendarai mobil di jalan raya. Padahal jika mereka sadari bahwa hal yang terburu–buru itu bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Memang banyak hal yang harus diperhatikan jika anda ingin mengemudi mobil.

Keterampilan cara mengemudi mobil yang baik di era yang serba canggih ini benar-benar diperlukan oleh siapapun. Maka tak heran bila harga jasa kursus setir mobil  bukan masalah utama untuk mereka yang ingin cepat bisa mengemudi. Biasanya jasa kursus mengemudi bisa anda jumpai berdekatan dengan jasa travel atau bahkan berada di satu naungan perusahaan misal, jasa travel Surabaya Malang juga melayani kursus mengemudi.

Dibawah ini akan saya bahas tentang cara belajar mobil manual untuk pemula. Silahkan di simak…

  1. Pengenalan Mobil

Pengenalan Mobil

Tips paling utama yang harus kamu lakukan sebelum belajar menyetir mobil manual adalah menghafal. Pastikan kamu hafal beberapa elemen penting mobil seperti injakan rem, gas dan kopling. Jangan sampai salah menginjak karena dapat membahayakan.  Hafalkan juga elemen lain seperti tombol lampu sign, bel dan lain sebagainya.

Dalam pengoperasian pedal, anda memerlukan konsentrasi untuk mengingat bagaimana jarak ayunan pedal dan jarak pedal rem dan pedal gas. Untuk mengemudi mobil manual maka anda harus bisa membiasakan untuk melepas pedal kopling secara pelan – pelan dan secara teratur.

Pelajari juga sistem transmisinya ( perpindahan gigi percepatan ). Pada mobil transmisi manual di bagian ujungnya ada angka : 1, 2, 3, 4, 5, dan R ( gigi mundur ), sedang pada mobil matic ada : P ( parkir ), R ( mundur ), N ( netral ), D ( otomatis ), L1, L2, dan L3. Khusus untuk mobil matic sebaiknya hanya gunakan gigi D saja untuk maju dan R untuk mundur.

  1. Menyalakan dan Menjalankan Mobil

Menyalakan dan Menjalankan Mobil

Hidupkan mesin mobil dengan cara di stater pada kunci kontak dan dengan menginjak pedal kopling secara penuh. Apabila mesin sudah menyala barulah anda melepas pedal kopling dan tuas transmisi masih berada di posisi netral (N).

Jika anda ingin menjalankan mobil maka pelan–pelan angkat kaki anda yang berada di posisi kopling hingga putaran mesin menurun lalu injak pedal gas dengan perlahan. Anda harus bisa menyeimbang kan gas dan kopling dengan pelan-pelan. Cara nya anda harus mencoba berulang kali agar tekanan saat menginjak gas dan melepas kopling bisa dikombinasikan.

Ketika gas akan di tekan, kamu harus angkat kopling kamu pelan-pelan. Ini biasanya bagian paling susah buat pemula. Saat bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar. Sementara jika pengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu mesin mati atau jalan mobil yang tersendat.

  1. Belajar Mengemudi di Jalan Raya

Belajar Mengemudi di Jalan Raya

Saat Mengemudi di jalan raya kamu haru memperhatikan rambu jalan yang ada untuk membantu kamu memantau situasi jalan. Mengapa anda belum berani pergi keluar rumah pada malam hari saat jalanan sepi dan sekedar mengisi BBM yang kosong untuk belajar selama tiga hari ini.

Mau tunggu apa lagi sebab kemahiran mengemudi hanya didapatkan di jalan raya bukan di jalan perumahan. Waspada mengemudi saat hujan karena pandangan buram dan jalanan licin.

  1. Mengemudi di jalan Tanjakan

Mengemudi di jalan Tanjakan

Ada beberapa hal khusus yang harus di perhatikan jika mengemudi di jalanan menanjak. caranya yaitu dengan menggunakan fungsi rem tangan, karena juga harus memperhatikan tenaga mesin, kekuatan pada kampas kopling, rem pada kaki serta beban muatan yang kita bawa. Harus pintar – pintar dalam mengendalikan rem tangan, rem kaki, kopling dan pedal gas.

  1. Mengemudi di jalan Turunan

 Mengemudi di jalan Turunan

Pada saat kondisi jalan yang anda lewati menurun maka persneling juga harus turun, Apabila jalanan yang dilewati cukup curam maka pengemudi bisa menggunakan gigi 2 dan dengan menggunakan rem yang seperlunya bisa mempertahankan kecepatan anda melewati jalan menurun, rem yang akan anda gunakan tidak usah diinjak secara penuh.

Jaga posisi RPM dalam keadaan aman. Sangat berbahaya jika anda hanya menggunakan rem saja, karena jika terlalu sering menggunakan rem maka rem bisa panas karena terlalu sering di gunakan, engine brake juga bisa hilang, mobil anda bisa mengalami kehilangan booster rem.

Jika booster rem hilang maka bisa membahayakan anda dan pengendara yang lain karena mobil yang anda kendarai bisa melaju lebih cepat dan tidak bisa dikendalikan.

Itulah beberapa tips yang harusnya kamu ketahui tentang cara mengemudi mobil manual. Dari ulasan yang berada di atas semoga bisa membantu semua pembaca jika anda ingin memakai mobil yang bermesin manual. Karena jika kita lihat dari uraian di atas, bahwa mobil manual itu lebih sulit untuk dipelajari dibandingkan mobil matic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: